Tuesday 20 June 2017

Betutu, lezatnya kuliner khas Bali ini


Betutu,
Foto: makananmu.com

Betutu kuliner khas Bali


Betutu-Bagi pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke Bali, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi masakan khas Bali. Nama masakan ini tidak kalah tenar dengan sate lilit. Bali juga gudangnya kuliner, seperti Blayag dan Siobak dari Kabupaten Buleleng, dan masih banyak lagi masakan khas lainnya yang ada di Bali.

Pernah dengar kan dengan kuliner khas Bali yang satu ini, umumnya terbuat dari ayam dan bisa juga diganti dengan bebek. Nama makanan ini adalah betutu, makanan khas Kabupaten Jembrana yag sudah dijual hampir seluruh Bali dan bisa kamu temukan di warung-warung makan, restoran bahkan hotel-hotel di Bali. Hidangan ayam kukus yang berisi bumbu khas dengan tampilan mayoritas kuning ini akan membuat kamu tidak lupa dengan Bali kalau sudah mencicipi rasanya. hem.. enak pastinya..

Untuk harga masih relatif terjangkau, dan tidak membuat kantong bolong. Cari tempat yang menyediakan betutu namun dekat dengan suasana yang sejuk seperti di pegunungan, lalu santap betutu ini dalam kondisi yang masih hangat, bisa kebayang kan nikmatnya? 

Kalau belum sempat berkunjung ke Bali, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, ataupun jika kalian ingin membuka usaha mebuat betutu ini dan bingung dengan bahan serta cara membuatnya atau saat ada acara keluarga mungkin dan kamu ingin menghidangkan masakan khas Bali yang satu ini. Berikut adalah bahan dan caranya:

Bahan :

1 ekor ayam utuh yang telah dibersihkan dan dihilangkan jeroannya
60 gram daun singkong yang telah direbus dan dipotong-potong
3 sdm minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :

2 butir kemiri
1/4 sdt pala
kunyit secukupnya
jahe secukupnya
kencur secukupnya
lengkuas secukupnya
3 buah cabe merah
3 siung bawang putih
8 siung bawang merah
3 buah cabe rawit
2 buah batang serai untuk diiris tipis
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt terasi
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya
daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat :

1. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak, aduk sampai rata
2. Oleskan sebagian bumbu yang telah dihaluskan keseluruh tubuh ayam baik yang diluar maupun di dalam

3. Oleskan juga sebagian bumbu dengan daun singkong yang sudah direbus, aduk rata
3. Masukkan daun singkong yang sudah dibumbui ke dalam ayam
4. Bungkus ayam dengan daun pisang lalu kukus hingga matang
5. Ayam yang telah dikukus dipindahkan ke piring atau benda tahan panas lainnya untuk selanjutnya di panggang dalam oven panas 100C sampai matang
6. sajikan ayam betutu diatas piring



Demikian ulasan tentan Betutu, silahkan praktekkan resep masakan betutu di atas, dan kalau ada waktu, datanglah ke Bali untuk merasakan betutu khas Bali.


EmoticonEmoticon