Tuesday 20 June 2017

Sate lilit khas Bali

Sate Lilit,
Foto: tokomesin.com

Sate lilit kuliner khas Bali

Sate lilit-Saat berkunjung ke Bali, tidak mungkin dong kita tidak makan ataupun minum? Namanya kita sebagai makhluk hidup, sudah barang tentu makan dan minum adalah suatu keharusan untuk mengganti sel-sel tubuh kita.

Berbicara masalah makanan saat kita berlibur ke Bali, Selain lawar dan Betutu, Bali juga memiliki masakan khas lagi. Masakan yang tidak kalah enaknya dengan lawar, dan menjadi pelengkap hidangan saat kita menyatap lawar. Makanan tersebut adalah sate. Mengapa sate? Bukannya sate sudah ada di mana-mana? pernahkah anda mendengar sate yang berasal dari Bali? ketika kamu dengar kata sate, mungkin yang langsung kamu fikirkan adalah sate ayam, sate kambing, ataupun sate sapi. Jangan buru-buru menebaknya, sate yang satu ini bernama sate lilit.

Kamu pasti penasaran mengapa disebut sate lilit? yap.. karena bentuk sate yang dililitkan pada pegangannya, dan pegangannyapun tidak seperti pegangan sate biasa yang terbuat dari batang bambu. Pegangan sate lilit adalah batang sere yang sudah dibersihkan. Disanalah letak keistimewaan sate lilit tersebut.

Bahan yang sering digunakan sebagai sate lilit adalah ikan laut, namun bisa juga diganti dengan ayam atau bebek atau bahan lain sesuai selera kita sendiri. Sate lilit ini sama halnya seperti lawar, karena makanan ini sering juga digunakan sebagai pelengkap upacara keagamaan dan juga sebagai suguhan kepada tamu undangan. 

Penasaran dengan nama tersebut? Yuk simak ulasannya.



Bahan dan bumbu sate lilit :

450 gram ikan yang sudah dihaluskan dan dihilangkan tulangnya
60 gram kelapa parut
60 gram tepung tapioka (kanji)
1/4 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk
9 buah batang serai dibersihkan untuk dijadikan penusuk sate

Haluskan bumbu,
Foto: lonelypalate.net


Haluskan :

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar bubuk
3 butir kemiri kemudian disangrai
4 cm kunyit bakar
2 cm lengkuas

Cara membuat :

Campurkan bumbu yang sudah kamu haluskan tadi dengan ikan laut yang sudah dihaluskan atau digiling dan yang sudah hilang tulangnya, kelapa parut dan tepung kanji beserta garam, merica dan kaldu bubuk. Aduk hingga merata.

Ambil adonan lalu kepal-kepalkan adonan tersebut ke batang serai hingga menempel, lalu ratakan bentuknya biar bagus dan pastikan supaya menempel dengan baik.

Setelah sate selesai dibentuk kemudian olesi satu persatu dengan sedikit minyak. Bakar hingga matang sambil dibolak-balik dan sesekali diolesi minyak juga agar merata. Pastikan agar pembakarannya tidak hangus agar rasanya mantap kemudian angkat lalu  sajikan.

Bisanya pelengkap makanan untuk sate lilit adalah plencing kangkung, sambal kacang, dan nasi yang masih hangat. Kalau kamu menggunakan ikan laut sebagai bahan sate lilit, sudah barang tentu memiliki banyak manfaat kesehatan bagi penikmatnya. Kandungan omega 3 pada ikan dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung, membuat kadar darah tinggi menjadi turun, dan penyakit lain yang ada hubungannya dengan penyumbatan pembuluh darah, serta menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Bagaimana, berminat tidak untuk mencicipi kuliner khas Bali ini, dijamin nikmat dan kantongmu juga tidak akan terkuras dengan harga makanan ini.


EmoticonEmoticon