Wednesday 14 June 2017

Pantai Kuta- Pantai yang sudah Mendunia

Pantai Kuta,
Foto: Indonesiaituindah.com

Pantai Kuta ikon sunset di Bali


Pantai Kuta-Kalau kalian berkunjung ke Bali, tidak afdol rasanya kalau tidak berkunjung ke Pantai Kuta. Pantai yang namanya sudah mendunia ini bisa dikatakan menjadi ikonnya Bali karena orang dari daerah lain yang hendak berlibur ke Bali selalu menanyakan " sebelah mananya pantai Kuta?''

Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta,Kabupaten Badung sebelah selatan Pulau Bali dengan pemandangan berupa Samudera Hindia. Daerah ini merupakan tujuan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan sejak tahun 1970-an karena sering di sebut sebagai Pantai Matahari Terbenam ( Sunset Beach) dan lawan dari Pantai Sanur (Sunrise Beach).

Kuta yang dulunya menjadi tempat pelabuhan dagang sebagai tempat turun dan masuknya produk dari bali ke luar dan sebaliknya. Pada abad ke-19, seorang pedagang yang berasal dari Denmark bernama Mads Lange, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal diantara Raja-Raja Bali dan Belanda.

Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Praise to Kuta" yang point pentingnya adalah mengajak masyarakat Kuta untuk mengembangkan daerahnya dengan menyediakan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya adalah mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung di Bali. Buku itu kemudian dapat menjadi inspirasi banyak orang khususnya masyarakat daerah Kuta untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.


Sunset di Pantai Kuta, Foto : Wisatatempat.com


Seperti yang di singgung tadi di atas, bahwa pantai Kuta terkenal sebagai Pantai Matahari Terbenam, namun di Bali tidak hanya Pantai Kuta saja sebagai spot untuk melihat sunset, Tanah Lot juga merupakan tempat yang indah buat menyaksikan sunset di Bali. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk berfoto-foto sekedar mengabadikan kegiatan liburan para wisatawan saat berada di pantai Kuta Bali karena didukung oleh suasana yang dapat memanjakan mata para wisatawan.

Garis Pantai Kuta Bali memiliki bentangan sejauh kurang lebih 5 kilometer dan bisa dikatakan sebagai salah satu garis pantai terbaik di Bali. Pantai ini sangat aman untuk liburan karena hamparan garis pantai yang landai dan bibir pantai yang luas serta kebersihan juga tetap terjaga.


Surfing di pantai Kuta,
Aktivitas yang lazim lakukan oleh wisatawan di Pantai Kuta adalah berselancar karena karakteristik ombak di pantai Kuta memang cocok untuk berselancar dan tanpa ada terumbu karang yang dapat menggangu aktivitas berselancar. Para peselancar internasional juga sering menggunakan Pantai Kuta sebagai tempat perlombaan maupun tempat latihan. 

Untuk berselancar, siapapun dapat melakukannya karena di Pantai Kuta ini tersedia jasa penyewaan papan selancar sesuai jenis dan kualitasnya. Untuk peselancar pemula, tidak perlu khawatir, karena sudah ada jasa pemandu yang bisa dimanfaatkan.

Wisatawan berjemur di Pantai Kuta,
Foto: indonesiaituindah.com
Bagi wisatawan yang tidak berminat untuk berselancar, mereka biasanya mengisi waktu dengan jogging atau berjalan-jalan sembari menikmati keindahan pantai dan ada juga yang mandi sambil berenang. Aktivitas yang mungkin tidak dilakukan oleh wisatawan domestik namun dilakukan oleh wisatawan asing yaitu berjemur. 

Bagi wisatawan yang ingin bertato dengan motif ukiran bali maupun sesuai keinginan, di pantai Kuta Juga ada tersedia tempat untuk bertato sementara (tidak permanen) disebut juga tatto temporary. 

Akses menuju pantai sangat mudah dilalui kendaraan bermotorm baik menggunakan taksi atau kendaraan pribadi. di sekitar Kuta juga ada penyediaan rental motor dengan kisaran harga Rp.75.000-Rp.100.000 selama 24 jam. Sedangkan sewa mobil akan dikenakan biaya sekitar Rp. 175.000-300.000 selama 24 jam, harga juga tergantung jenis mobil. 

Untuk biaya parkir kendaraan, anda akan dikenakan biaya untuk motor sebesar Rp. 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5,000. 

Jika anda dari Bandara I Gusti Ngurah rai, menempuh waktu sekitar 15 menit menuju Pantai Kuta, tetapi kalau terhalang oleh kemacetan, waktu tempuh bisa menjadi sekitar 30 menit. untuk lebih jelasnya, silahkan klik  Peta Lokasi Pantai Kuta untuk mengetahui lokasi Pantai Kuta dengan Google Map. 



EmoticonEmoticon